Home Motivasi 5 Kebaikan dan Manfaat Berkeluarga

5 Kebaikan dan Manfaat Berkeluarga

18
0
Image by Denise Husted from Pixabay

Allah ﷻ berfirman:

وَهُوَ الَّذِيْ خَلَقَ مِنَ الْمَاۤءِ بَشَرًا فَجَعَلَهٗ نَسَبًا وَّصِهْرًاۗ وَكَانَ رَبُّكَ قَدِيْرًا

Travel Haji dan Umroh sejak 1995

Artinya, “Dan Dia (pula) yang menciptakan manusia dari air, lalu Dia jadikan manusia itu (mempunyai) keturunan dan musaharah dan Tuhanmu adalah Mahakuasa.” (QS. Al-Furqan: 54)

Makna Mushaharoh adalah sifat yang menyerupai kekerabatan atau hubungan kekeluargaan yang disebabkan adanya ikatan pernikahan. Imam Ibnu Katsir menjelaskan bahwa Pada mulanya seseorang itu berupa bayi yang dilahirkan. Setelah dewasa, ia kawin, lalu mempunyai mertua, dan selanjutnya ia mempunyai menantu dan besan serta kerabat, semuanya itu bermula dari air yang hina (nutfah). Itulah sunatullah bagi manusia sebagai khalifah di bumi.

Menikah dan berkeluarga merupakan fitrah yang Allah jadikan bagi seorang mukmin dalam upayanya mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Penegasan akan hal tersebut jelas terlihat melalui kehidupan para Nabi dan Rasul tak terkecuali Rasulullah Muhammad ﷺ sebagaimana firman-Nya;

وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا رُسُلاً مِن قَبْلِكَ وَجَعَلْنَا لَهُمْ أَزْوَاجًا وَذُرِّيَّةً

Artinya, “Dan sesungguhnya Kami telah mengutus beberapa Rasul sebelum kamu (Muhammad) dan Kami memberikan kepada mereka istri-istri dan keturunan.” (QS. Ar-Ra’du: 38).

Dengan demikian jelas sekali bahwa para Rasul sekalipun tetap menjalankan pernikahan dan memiliki keturunan. Karenanya seorang mukmin tanpa adanya alasan Syar’i sesungguhnya tidak layak terbawa arus fenomena hidup melajang, jauh dari keluarga dan menjalani tren pernikahan “child free” (tidak mau punya anak). Bahkan secara khusus Allah ﷻ memerintahkan agar kita turut membantu hamba Allah yang masih melajang untuk sampai ke pelaminan.

Selengkapnya baca Bersholawat.id “5 Kebaikan dan Manfaat Berkeluarga”

Previous articlePolrestro Jakpus Tangkap Direktur TV Swasta Terkait Berita Hoaks
Next articleMasyarakat Afrika Barat Antusias Ikuti Kelas Bahasa Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here