Home Uncategorized 5 Rekomendasi Aplikasi Video Call yang Mudah Digunakan Orang Tua

5 Rekomendasi Aplikasi Video Call yang Mudah Digunakan Orang Tua

24
0

Jakarta (12/5) – Pemerintah kembali memberlakukan larangan mudik untuk Hari Raya Idul Fitri tahun ini, bertemu dengan orang tua dan keluarga harus dibantu dengan aplikasi digital.

Meski pun terlihat mudah, menggunakan aplikasi panggilan video bisa menjadi kesulitan tersendiri bagi orang tua yang tidak terbiasa menggunakan ponsel dan teknologi digital.

Berikut ini rekomendasi beberapa aplikasi panggilan video yang terbilang mudah digunakan oleh orang tua.


1. WhatsApp

Aplikasi ini paling familiar bagi warganet Indonesia, baik untuk pesan singkat, pesan suara (voice call) dan panggilan video (video call).

Panggilan video lewat WhatsApp bisa digunakan untuk delapan orang, sangat cocok jika anggota keluarga berjumlah kurang dari delapan orang.

Untuk menggunakan panggilan video, buka obrolan atau chat dengan orang yang ingin diajak pertemuan virtual, kemudian ketuk ikon kamera untuk mulai video call.

Jika ingin panggilan video dengan delapan orang, cara paling mudah adalah dengan membuat grup berisi orang-orang yang ingin dihubungi, kemudian ketuk ikon video call.

Cara lainnya, bukan tab panggilan atau Call, kemudian pilih ikon untuk membuat panggilan baru, tambahkan kontak orang-orang yang ingin dihubungi.

Penerima akan mendapat notifikasi panggilan video dan cukup menggeser tombol hijau untuk memulai.

2. LINE

Aplikasi LINE juga populer di mata pengguna internet Indonesia dan cukup mudah digunakan, yang bisa menampung hingga 20 orang.

Panggilan video di LINE bisa dilakukan lewat grup, cukup ketuk ikon telepon, kemudian pilih video call untuk memulai pertemuan.

Jika tidak punya grup, kunjungi tab obrolan atau chat, ketuk ikon kamera video di layar atas.

Ketuk undang atau invite untuk memasukkan kontak yang ingin diajak Lebaran virtual. Jika sudah, ketuk “start” untuk memulai panggilan video.


3. Google Meet

Platform konferensi video dari Google ini sebenarnya sering digunakan untuk rapat virtual atau sekolah online, namun, cukup mudah digunakan sehingga cocok juga untuk pertemuan virtual saat Lebaran nanti.

Google Meet sangat cocok digunakan jika ingin Lebaran virtual dengan keluarga besar karena bisa menampung hingga 100 peserta.

Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis, hingga Juni nanti, pengguna akun gratis bisa menggunakan Meet selama 60 menit per pertemuan.

Google Meet terasa mudah digunakan terutama oleh pengguna Android karena kini terintegrasi dengan Gmail. Cukup buka akun Gmail dan pilih “Meet” di bagian kanan bawah layar, kemudian ketuk “New Meeting” untuk membuat pertemuan baru.

Bagikan tautan pertemuan lewat aplikasi pesan instan, penerima cukup mengetuk tautan tersebut atau buka Gmail, pilih Meet kemudian masukkan kode pertemuan.

4. Google Duo

Aplikasi bawaan dari Google Android ini juga bisa dimanfaatkan untuk silaturahmi saat Lebaran nanti, meski pun peserta tidak sebanyak Google Meet.

Google Duo bisa digunakan untuk pertemuan virtual berisi maksimal 32 orang, syaratnya, setiap orang sudah memasang aplikasi ini di ponsel.

Ketuk “create group” untuk membuat grup konferensi video, kemudian tambahkan kontak orang-orang yang ingin diajak panggilan video.

Aplikasi Google Duo dilengkapi dengan berbagai fitur untuk menambah keseruan saat berkomunikasi, salah satunya filter berbasis augmented reality.

5. FaceTime
​​​​​​​

Aplikasi FaceTime hanya tersedia untuk pengguna perangkat Apple, yakni iPhone, iPad, Mac dan MacBook.

Buka aplikasi FaceTime dan cari kontak orang yang ingin dihubungi, kemudian ketuk ikon kamera untuk mulai panggilan video. (Ant/Fit)