Home News Ajax Pastikan Rengkuh Gelar Juara Liga Belanda Selepas Tundukkan Emmen

Ajax Pastikan Rengkuh Gelar Juara Liga Belanda Selepas Tundukkan Emmen

31
0

Jakarta (3/05) – Ajax baru saja merengkuh gelar juara Liga Belanda selepas kemenangan atas Emmen dalam laga pekan ke-31 membuat posisi mereka di puncak klasemen tak bisa dikejar tim mana pun.

Menjamu Emmen di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Ahad malam tadi, Ajax yang cuma butuh hasil imbang untuk juara menandai pesta mereka dengan kemenangan telak 4-0.

Kemenangan itu membuat tim besutan Erik ten Hag kini mengoleksi 79 poin, yang sudah pasti tidak bisa dikejar oleh tim mana pun dengan musim yang menyisakan tiga putaran pertandingan untuk dijalani.

Ajax mengawinkan trofi Piala KNVB yang mereka menangi dua pekan lalu dengan gelar juara ke-35 mereka, sembari mengunci satu tiket fase grup Liga Champions musim depan.

Dalam laga lain yang berlangsung lebih larut, PSV Eindhoven dipaksa bermain imbang 2-2 oleh tamunya Heerenveen di Stadion Philips.

Tambahan satu poin membuat PSV yang berada di posisi kedua masih unggul satu poin dari AZ Alkmaar yang sehari sebelumnya menang di markas RKC Waalwijk.

PSV saat ini memimpin perburuan tiket babak kedua kualifikasi Liga Champions musim depan dengan raihan 65 poin, ditempel ketat AZ (64) serta masih bisa disusul oleh Vitesse Arnhem (60) yang ada di peringkat keempat.

Sementara Feyenoord yang ada di posisi kelima dengan 55 poin sudah tidak mungkin meraih tiket Liga Champions, setelah menelan kekalahan 2-3 dalam lawatan ke markas tim juru kunci ADO Den Haag, Ahad petang tadi.

Feyenoord hanya bisa paling maksimal finis di urutan ketiga atau meraih tiket babak playoff kualifikasi Liga Europa musim depan.

Bagi ADO (19) kemenangan itu memelihara asa mereka menghindari ancaman degradasi dan mereka kini wajib meraih setidaknya enam poin untuk mentas dari zona merah.

Sementara itu, Utrecht yang menundukkan Willem II dengan skor 3-2 pada Minggu dini hari WIB, mengunci kepesertaan dalam babak playoff perebutan tiket babak kualifikasi kedua kompetisi kasta ketiga Eropa, Liga Conference.

Berikut jadwal dan hasil Liga Belanda pekan ke-31 (dalam WIB, tuan rumah disebut pertama):

Sabtu (1/5) malam s.d. Ahadi (2/5) dini hari
Heracles Almelo 4 – VVV Venlo 0 (Sinan Bakis 35′, 55′, p-83′, Rai Vloet 44′)
Fortuna Sittard 3 – Twente 0 (Lisandro Semedo 25′, 74′, Mats Seuntjens p-63′)
RKC Waalwijk 1 – AZ Alkmaar 3 (Thijs Oosting 17′; Albert Gudmundsson 28′, Myron Boadu 63′, Calvin Stengs 82′)
Vitesse Arnhem 2 – PEC Zwolle 1 (Armando Broja 27′, Idrissa Toure 90+2′; Jesper Drost 54′)
Utrecht 3 – Willem II 2 (Sander van de Streek 4′, Sven van Beek bd-45+4′, Gyrano Kerk 68′; Sebastian Holmen 57′, Kwasi Wriedt 82′)

Ahad (2/5) malam
ADO Den Haag 3 – Feyenoord 2 (Jonas Arweiler 13′, Abdenasser El Khayati p-30′, 59′; Robert Bozenik 3′, Nicolai Jorgensen 70′)
Ajax 4 – Emmen 0 (Jurrien Timber 10′, Sebastien Haller 61′, Devyne Rensch 66′, Davy Klaassen 74′)
Groningen 1 – Sparta Rotterdam 2 (Roman Lundqvist 87′; Abdoulrahmane Harroui 27′, Tom Beguelsdijk 56′)
PSV Eindhoven 2 – Heerenveen 2 (Yorbe Vertessen 57′, Cody Gakpo 58′; Tibor Halilovic 34′, Siem de Jong 59′)

(Ant/Rod)