Home Daerah Dinas Kesehatan Selidiki Serangan Hama Lalat di Aceh Barat

Dinas Kesehatan Selidiki Serangan Hama Lalat di Aceh Barat

35
0
Petani jeruk Paiman
Ilustrasi - Petani jeruk Paiman (43) memperlihatkan alat perangkap hama buah di perkebunan jeruk Desa Bulu Raya, Kecamatan Tiga Panah, Kabupaten Karo, Sumut, Rabu (6/6/2012). (FOTO ANTARA/Septianda Perdana/ss/nz/12)

BICARA.NEWS, Meulaboh – Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat melakukan penyelidikan terkait dengan serangan hama lalat yang melanda empat desa di Kecamatan Arongan Lambalek dan Samatiga sejak beberapa hari terakhir.

“Saat ini tim dari Dinas Kesehatan sedang bekerja di lapangan, petugas kami sedang melakukan penyelidikan terkait persoalan hama lalat ini,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat Syarifah Junaidah di Meulaboh, Rabu (6/10).

Ia menjelaskan desa yang dilanda serangan hama lalat tersebut masing-masing Desa Peuribu dan Cot Kumbang, Kecamatan Arongan Lambalek serta Desa Suak Seumaseh dan Suak Geudeubang, Kecamatan Samatiga, Aceh Barat, Provinsi Aceh.

Syarifah Junaidah mengatakan berdasarkan hasil penelusuran yang dilakukan tim kesehatan, serangan hama lalat tersebut diduga berasal dari kawasan peternakan ayam pedaging di daerah ini.

“Dugaan sementara, serangan hama lalat ini karena adanya peternakan ayam di sekitar pemukiman warga,” katanya.

Guna membuktikan temuan tersebut, kata dia, tim masih terus mengumpulkan keterangan dari masyarakat dan akan mengambil langkah tepat, guna mengatasi serangan hama lalat di pemukiman warga.

Panglima Laut Amiruddin, tokoh masyarakat Kecamatan Arongan Lambalek, Aceh Barat, mengatakan serangan hama lalat yang melanda empat desa itu meresahkan warga.

Dia mengatakan serangan hama lalat tersebut telah menyebabkan masyarakat tidak nyaman beraktivitas, termasuk harus melindungi makanan dan minuman dari hinggapan lalat.

“Kami sangat khawatir dengan persoalan ini, kami berharap segera ada langkah tegas dari pemerintah daerah,” kata Amiruddin. (Ant/Fit)

Travel Haji dan Umroh sejak 1995
Previous article23 Puskesmas di Mamuju Selenggarakan Vaksinasi Serentak
Next articleSepak Bola Putri Jakarta Lolos ke Semifinal PON Papua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here