Home News DKJ Umumkan Sayembara Manuskrip Puisi, Tenggat Naskah Agustus 2021

DKJ Umumkan Sayembara Manuskrip Puisi, Tenggat Naskah Agustus 2021

28
0

Jakarta, 12/5 – Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) tahun ini menggelar dua sayembara penulisan naskah, yaitu novel dan puisi. Sayembara manuskrip puisi secara resmi diumumkan, Rabu (12/5) lewat situs web dan jaringan media sosial DKJ.

Seperti sayembara novel, untuk puisi batas akhir pengiriman naskah 30 Agustus 2021 (cap pos atau diantar langsung). Ketentuan lomba selengkapnya bisa dibaca di situs DKJ.or.id.

Sayembara ini menjanjikan hadiah Rp20 juta untuk juara I, Rp15 juta untuk juara II, Rp10 juga untuk juara III, dan naskah menarik minat juri diberi hadiah senilah Rp2 juta.

Dalam pengantar pengumuman itu DKJ menyebutkan bahwa dalam pidato radionya pada 1946, Chairil Anwar membahas sejumlah sajak yang kemudian ia golongkan sebagai sajak yang – dari sisi bentuk dan isi — telah mampu melepaskan diri dari pengaruh Pujangga Baru, dan yang belum.

Dengan mudah kita mafhum bahwa saat itu Chairil Anwar sedang menggarisbawahi sesuatu yang menggembirakan dalam konteks perkembangan puisi Indonesia modern, yaitu kebaruan.

Sepanjang rentang waktu sejak pidato itu disiarkan hingga hari ini, dunia kepenyairan Indonesia telah mencatat kemunculan sekian banyak nama. Sebagian seperti membeku dalam jejak para pendahulu, sebagian lainnya berhasil melahirkan bentuk dan isi baru. Dalam ikhtiar pengayaan khazanah puisi Indonesia, kebaruan akan selalu digarisbawahi sebagai sesuatu yang menggembirakan.

Dengan semangat dan cara pandang seperti itulah DKJ menggelar kembali Sayembara Manuskrip Puisi DKJ 2021.(DKJ/hah)