Home News Kimberly-Clark Softex Bersama UNICEF Indonesia Edukasi Ribuan Remaja Agar Sehat dan Bersih...

Kimberly-Clark Softex Bersama UNICEF Indonesia Edukasi Ribuan Remaja Agar Sehat dan Bersih Saat Menstruasi

50
0
Kimberly-Clark Softex bermitra dengan UNICEF Indonesia dalam membantu ribuan remaja perempuan meningkatkan perilaku hidup sehat dan bersih saat menstruasi.

BICARA.NEWS, Jakarta – Kimberly-Clark Softex (PT Softex Indonesia) bekerja sama dengan UNICEF Indonesia mengadakan Kampanye sosial #DariSaudari untuk mengedukasi ribuan remaja perempuan untuk hidup sehat dan bersih terutama saat menstruasi.

Kampanye ini telah berkontribusi meningkatkan perilaku sehat dan bersih ribuan remaja perempuan di berbagai kabupaten dan kota di wilayah Indonesia Timur.

Travel Haji dan Umroh sejak 1995

Melalui kampanye sosial #DariSaudari, Kimberly-Clark Softex mendukung UNICEF Indonesia dengan bantuan finansial sebesar Rp 1.500.000.000 (satu miliar lima ratus juta rupiah) per tahun untuk program WASH dan sosialisasi aplikasi Oky, yaitu aplikasi edukasi terintegrasi milik UNICEF, sebagai sumber informasi kesehatan dan kebersihan menstruasi yang terpercaya.

Hingga Oktober 2021, kampanye #DariSaudari telah berkontribusi terhadap peningkatan akses WASH yang memadai di 1.327 sekolah di 6 kabupaten/kota termasuk Timika, Sorong dan Kupang, lebih dari seribu remaja perempuan dapat merasakan fasilitas yang lebih bersahabat.  

Sebagaimana tercermin pada nama kampanye, #DariSaudari juga membawa semangat konsumen Kimberly-Clark Softex untuk mewujudkan generasi masa depan Indonesia yang lebih sehat.

Sejak tahun 2019, kampanye sosial Kimberly-Clark Softex telah mendukung program UNICEF Indonesia dalam penyediaan akses ke fasilitas air bersih, sanitasi dan kebersihan (WASH) serta mendorong pemanfaatan Oky.

Kampanye yang memberikan ruang bagi konsumen untuk berkontribusi melalui pembelian produk ini diluncurkan guna menghadirkan lingkungan yang lebih aman dan ramah bagi remaja perempuan di lingkungan sekolah di berbagai wilayah pelosok di Papua, Papua Barat, Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Timur. 

“Kampanye #DariSaudari menunjukkan komitmen kami dalam meningkatkan taraf hidup dan peluang bagi para remaja perempuan dalam mengakses fasilitas kebersihan yang ramah serta memiliki pengetahuan yang cukup tentang perilaku sehat, terutama mereka yang berada di daerah pelosok, ungkap Presiden Direktur Kimberly-Clark Softex Indonesia Hendra Setiawan.

Melalui kolaborasi dengan UNICEF Indonesia, Hendra menambahkan, Kimberly-Clark Softex berupaya membantu perempuan muda dan remaja dalam mengelola kebersihan dan kesehatan mereka dengan lebih baik.

“Kami memiliki visi yang sama dengan UNICEF dan konsumen kami yang berpartisipasi membantu para saudari di Indonesia Timur, untuk turut mempersiapkan remaja perempuan Indonesia yang lebih sehat melalui kampanye #DariSaudari,” kata Hendra.

Sejalan dengan target pemerintah untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan remaja dengan memastikan akses terhadap layanan informasi dan fasilitas kesehatan reproduksi, sebagaimana dituangkan dalam Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2020-2024.

Data Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa 70,1% remaja perempuan Indonesia usia 10-19 tahun telah mulai mengalami menstruasi** – fakta ini semakin menunjukkan pentingnya penguatan manajemen kebersihan menstruasi, terutama di sekolah-sekolah. Kemitraan dengan UNICEF Indonesia melalui kampanye sosial #DariSaudari – yang telah membantu ribuan sekolah dan remaja – merupakan wujud nyata komitmen Kimberly-Clark Softex dalam mendukung pencapaian target Pemerintah Indonesia menuju bangsa yang lebih sehat dan kualitas kebersihan diri yang inklusif. 

“Semua perempuan mengalami menstruasi, namun 1 dari 2 anak perempuan di Indonesia tidak punya cukup pengetahuan tentang manajemen kebersihan menstruasi. UNICEF berusaha mengatasi kesenjangan ini dengan berkolaborasi bersama pemerintah dan sektor swasta,” ujar Perwakilan UNICEF Indonesia Debora Comini.

“Melalui kemitraan dengan Kimberly-Clark Softex Indonesia, kita sudah membuat perubahan berarti di Papua dan Nusa Tenggara dan memberikan lingkungan yang lebih aman dan bersahabat bagi remaja perempuan,” tambahnya.

Salah satu penerima manfaat dari program kesehatan dan kebersihan perempuan, Calista Inna Kii yang merupakan siswi kelas 6, SDI Lolaramo, Kabupaten Wewewa Barat, Nusa Tenggara Timur.

“Saya senang sekali mendapat ilmu tentang manajemen kebersihan menstruasi, di mana saya menjadi tau apa itu menstruasi dan apa yang dapat saya lakukan ketika mengalaminya. Dulu, ketika mengalami menstruasi saya merasa lelah, pusing, malu, dan tidak nyaman. Namun setelah mengikuti kelas MHM ini, saya mendapat banyak ilmu. Kondisi sekolah pun menjadi lebih baik. Sekarang di sekolah sudah ada air bersih dan disediakan pembalut di toilet, sehingga saya bisa mengganti pembalut setiap 3 jam.” Ujar Calista. (Fit)

Previous articleFacebook dan Instagram akan Rayakan “Hari Kreator”
Next articlePeriksa Payudara Rutin Bentuk Cinta pada Tubuh