Home Sport Ungguli Taiwan 3-2, Indonesia Juara Grup A Penyisihan Piala Thomas

Ungguli Taiwan 3-2, Indonesia Juara Grup A Penyisihan Piala Thomas

25
0

BICARA.NEWS, Jakarta – Pebulu tangkis tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito memetik kemenangan dan menyumbang angka pada partai penentu sehingga Tim Indonesia unggul 3-2 dari Taiwan pada laga penyisihan terakhir dan menjadi juara Grup A Piala Thomas.

Dalam pertandingan penentu yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Rabu malam WIB itu, Shesar menang rubber game 16-21, 21-18, 21-19 atas Chi Yu Jen dengan durasi 1 jam 13 menit.

Travel Haji dan Umroh sejak 1995

Shesar sebetulnya tampil cukup baik di awal gim pertama. Ia merebut poin-poin pembuka dan dapat memegang kendali permainan.

Namun setelah imbang 7-7, pertahanannya justru mengendur. Lawannya pun dengan mudah mencuri angka dan berbalik unggul. Sejak saat itu, meski berusaha mengejar, Shesar kerap tertinggal.

Mereka lagi-lagi imbang 14-14, tapi Shesar gagal merebut poin-poin berikutnya, sedangkan lawannya langsung meraup empat poin tanpa balas dan terus melaju hingga menang 21-16.

Di gim kedua, Shesar harus berjuang mati-matian setelah Chi merebut poin-poin pembuka dan memperlebar jarak hingga 8-1. Dengan seluruh kekuatannya, Shesar mengejar dan mampu menyamakan kedudukan menjadi 9-9.

Ia menambah angka berikutnya dan berbalik memimpin, sementara Chi menempel ketat di belakangnya. Namun setelah match point, Shesar sigap mengamankan poin-poin akhir dan merebut gim kedua dengan skor 21-18.

Pada gim penentu, Shesar semakin agresif. Ia bahkan mampu memimpin mulai dari poin 3 sampai 14. Lawannya kemudian menyusul dan menyamakan kedudukan menjadi 14-14.

Selepas itu, kedua pemain saling serang. Namun setelah imbang 19-19, Shesar bergerak lebih gesit untuk mengembalikan bola-bola dengan arah yang tak terprediksi. Lawannya pun terkecoh dan Shesar menang 21-19.

Dengan hasil tersebut, maka Indonesia dipastikan unggul atas Taiwan dengan kedudukan akhir 3-2.

Sebelumnya pada partai pembuka, tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting menyumbang angka kemenangan pertama setelah menundukkan Chou Tien Chen dalam dua gim langsung dengan skor 22-20, 21-16.

Sayangnya, nasib berbeda dialami oleh ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang terpaksa menelan kekalahan usai bertarung melawan pasangan peraih medali emas Olimpiade Tokyo Lee Yang/Wang Chi-Lin dalam tiga gim dengan skor 26-28, 21-16, 14-21.

Skuad Garuda kemudian berbalik unggul 2-1 berkat kemenangan tunggal putra Jonatan Christie 21-17, 21-13 atas Wang Tzu Wei di partai ketiga.

Pada partai keempat, pasangan teranyar Mohammad Ahsan/Daniel Marthin belum berhasil menyumbang angka untuk Indonesia. Mereka takluk oleh Lu Ching Yao/Yang Po Han lewat laga rubber game yang berujung dengan skor 20-22, 21-17, 21-23.

Rionny Puas

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky mengaku puas dan lega melihat performa Tim Indonesia selama mengarungi babak penyisihan Grup A Piala Thomas.

Pada babak penyisihan Grup A, Skuad Garuda memenangkan seluruh laga, yakni 5-0 atas Aljazair, 3-2 atas Thailand dan 3-2 atas Taiwan.

“Selamat kita menang. Yang kemarin kalah, kini malah bisa bermain bagus dan bisa menang. Setelah kemenangan ini, mohon dijaga makan dan istirahatnya, juga latihannya agar kita siap untuk bertarung mati-matian di perempat final,” kata Rionny dalam keterangan resmi PP PBSI yang diterima Antara di Jakarta, Rabu.

Sementara itu, pemain tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito mengaku bersyukur dapat menjadi penentu kemenangan Tim Indonesia melawan Taiwan pada hari ini.

“Saya bersyukur, Alhamdulillah, bisa menang dan membawa Indonesia sebagai juara grup. Tadi saya main ngotot untuk bisa menang, tak hanya untuk negara saya, tetapi juga untuk saya sendiri,” ujar Shesar.

Meski meraih kemenangan, pemain berusia 27 tahun itu mengaku sempat tegang karena menjadi penentu kemenangan Tim Merah Putih. Ia pun berharap kemenangannya itu dapat mendongkrak rasa percaya dirinya saat melakoni laga perempat final nanti.

“Saya tegang juga. Maklum nasib Indonesia di pundak saya. Saya berjuang all out agar Indonesia menang. Saya pun tidak mau kalah begitu saja. Saya fokus ke permainan saya sendiri dan tidak mau mengikuti pola lawan,” ungkap Shesar.

Lebih lanjut, Manajer Tim Indonesia Eddy Prayitno mengucapkan terima kasih kepada para pemain atas hasil yang telah mereka raih karena dapat mewujudkan harapan keluar sebagai juara grup dalam ajang beregu bergengsi itu.

“Terima kasih kepada seluruh pemain yang sudah berjuang habis-habisan. Meski begitu, kita tidak boleh cepat puas karena tantangan ke depan masih berat,” pungkas Eddy.

Berikut hasil lengkap laga penyisihan terakhir Grup A Piala Thomas Indonesia vs Taiwan (3-2).

Tunggal putra 1Anthony Sinisuka Ginting vs Chou Tien Chen 22-20, 21-16

Ganda putra 1Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Lee Yang/Wang Chi-Lin 26-28, 21-16, 14-21

Tunggal putra 2 Jonatan Christie vs Wang Tzu Wei 21-17, 21-13

Ganda putra 2Mohammad Ahsan/Daniel Marthin vs Lu Ching Yao/Yang Po Han 20-22, 21-17, 21-23

Tunggal putra 3 Shesar Hiren Rhustavito vs Chi Yu Jen 16-21, 21-18, 21-19. (Ant/Rod)

Previous articlePetinju Sumut Pastikan Kebagian Emas Tinju PON Papua
Next articlePemkab Aceh Barat Berencana Kirim Santri Belajar ke Luar Negeri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here