Home Daerah Maluku Loloskan Dua Petinju di Final PON Papua

Maluku Loloskan Dua Petinju di Final PON Papua

51
0
Petinju Buceti Balimeten (kiri) dan Julius Lomoli berlatih di sasana Pertina Maluku di Kota Ambon, Jumat (24/9/2021). Pertina Maluku optimis meraih dua medali emas di PON XX Papua, meski hanya mengirim empat petinju dan jumlahnya turun jauh dibandingkan PON XIX yang mencapai 12 petinju. ANTARA FOTO/FB Anggoro/hp.

BICARA.NEWS, Ambon – Pelatih tim tinju Maluku Agus Titaley mengatakan kontingen Maluku hanya meloloskan dua petinju di partai final pekan Olahraga Nasional (PON) Papua, setelah satu petinjunya, yakni Novi Sahuleka kalah dalam pertarungan sengit melawan Aldoms Sugoro asal DKI Jakarta.

“Hanya dua petinju yang lolos ke final yang akan berlangsung pada 13 Oktober 2021,” kata Agus saat dikonfirmasi Antara dari Ambon, Senin.

Travel Haji dan Umroh sejak 1995

Meski kalah, Agus menilai pertemuan di babak semifinal kelas 52kg di GOR Cendrawasih, Jayapura, antara Novi Sahuleka dan Aldoms yang merupakan atlet penghuni pelatnas itu berlangsung seru, layaknya pertarungan final.

Pasalnya, kedua petinju saling jual beli pukulan serta memperlihatkan teknik bertinjunya masing-masing sejak ronde pertama hingga berakhirnya ronde ketiga.

“Novi hanya kalah tipis 2-3. Menurut kaca mata saya sebagai pelatih, seharusnya Novi menang karena lebih agresif menyerang sejak ronde pertama hinga ronde ketiga. Tetapi keputusan wasit kami terima dengan kebesaran hati,” ujar Agus.

Agus mengungkapkan Novi juga tidak kecewa dengan keputusan wasit tersebut, karena sang atlet merasa telah tampil maksimal dengan seluruh kemampuannya untuk membela nama Maluku di atas ring tinju PON.

Sementara itu, ada dua petinju Maluku yang lolos ke babak final, yakni Welmy Pariama di kelas 64kg putri dan Julius Lumoly di kelas 56kg putra.

Welmy bertarung di babak semifinal, Minggu (10/10), dan mengandaskan ambisi petinju Papua Barat Yamina Babingga setelah wasit menghentikan pertarungan jelang akhir ronde ketiga.

Di partai final, Welmy akan bertemu musuh bebuyutannya Salomina Yerisitouw dari Papua. Salomina lolos setelah mengalahkan Ildawati dari Jawa Barat.

“Partai Welmy melawan Salomina akan menarik karena mengulang kembali sejarah PON Jawa Barat tahun 2016. PON Jabar, Welmy menang dan meraih emas dengan mengalahkan Salomina,” ungkap Agus.

Sedangkan petinju lainnya, yaitu Julius Lumoly, melenggang ke final setelah menang angka atas petinju Nusa Tenggara Timur (NTT) Lucky Mira Agusto Hari dalam laga semifinal kelas 56kg putra. Julius selanjutnya akan bertemu petinju Bali Yulius Bria di partai final.

“Beta (saya) minta dukungan doa seluruh masyarakat Maluku agar kedua petinju dapat tampil prima dan mampu mempersembahkan medali emas bagi Maluku,” harap Agus.

Kontingen Maluku pada PON Papua menargetkan dua medali emas dari cabang adu jotos tersebut, sekaligus mempertahankan tradisi medali emas, kendati hanya menyertakan empat orang petinju di ajang olahraga terakbar empat tahunan itu.(Ant/Rod)

Previous articleVoli Putri DKI Raih Perunggu PON XX Setelah Atasi Tuan Rumah Papua
Next articlePLN Jakarta Tambah 11 Unit Pengisian Daya Kendaraan Listrik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here