Home Uncategorized Menu Spesial Lebaran, Nikmatnya Nasu Palekko Khas Bugis

Menu Spesial Lebaran, Nikmatnya Nasu Palekko Khas Bugis

23
0
Foto: resepkoki.id

Makassar (12/5) – Berkumpul bersama keluarga ataupun menjamu tamu saat lebaran dengan menu khas, sudah menjadi tradisi setiap selesai menunaikan ibadah puasa selama sebulan. Seperti halnya daerah lain di Indonesia, Sulawesi Selatan juga terkenal dengan aneka kuliner khas yang mengundang selera untuk mencicipinya.

Menu masakan khas “Nasu palekko” yang berbahan dasar itik yang terkenal di kalangan masyarakat Suku Bugis, khususnya di Kabupaten Pinrang dan Sidrap, selalu disajikan sebagai menu berlebaran.

Daging itik dipotong-potong kecil, sehingga bisa disebut juga dengan itik cincang. Itik yang akan dijadikan Nasu Palekko bisa jenis itik alabio dan juga itik manila yang ukurannya lebih besar dibandingkan itik alabio atau itik biasa.

Kata nasu palekko sendiri yang merupakan bahasa Bugis, terdiri dari dua kata yakni nasu artinya masakan dan palekko artinya panci tanah liat. Namun seiring dengan perkembangan perlengkapan rumah tangga, menu itik pedas ini tidak lagi dimasak dengan menggunakan panci atau tungku berbahan tanah liat, namun kini sudah menggunakan panci alumunium ataupun stainless.

Nasu Palekko ini dimakan bersama burasa atau ketupat sebagai pengganti nasi. Selain itu, biasanya disiapkan pula Bajabu berbahan dasar kelapa parut yang sudah disangrai dan diberi bumbu dimakan bersama burasa.

Meski menu ini pedas dan bisa membuat telinga memerah karena menggunakan cabai yang cukup banyak sebagai salah satu bumbu masak, namun tidak membuat jera yang memakannya, bahkan akan menumbuhkan rasa kangen untuk memakannya lagi dan lagi. (Ant/Fit)