Home Sport Perebutan Tiket Eropa Liga Italia

Perebutan Tiket Eropa Liga Italia

30
0

BICARA.NEWS, Jakarta – Sebanyak empat dari tujuh jatah tiket kompetisi Eropa bagi Liga Italia akan diperebutkan dalam rangkaian laga pekan pemungkas yang dimainkan serempak pada Ahad (23/05) besok.

Siapa yang sudah ke Liga Champions?

Inter Milan sebagai juara sudah meraih tiket Liga Champions diikuti Atalanta yang sudah dipastikan finis di area empat besar, menyisakan dua jatah lainnya diperebutkan oleh AC Milan, Napoli, dan Juventus. Di laga pemungkas Milan akan menghadapi Atalanta, Napoli melawan Verona, dan Juve bertemu Bologna.

Apa syarat Milan, Napoli, dan Juventus ke Liga Champions?

Milan dan Napoli memiliki kriteria finis empat besar yang relatif sama, yakni jika mereka memenangi laga masing-masing tanpa peduli hasil tim pesaing. Keduanya tetap ke Liga Champions jika main imbang pada laga masing-masing, asalkan salah satu tim pesaingnya juga gagal menang. Jika menelan kekalahan di laga masing-masing, mereka juga tetap berpeluang ke Liga Champions asalkan salah satu pesaingnya juga kalah.

Juventus akan ke Liga Champions jika menang dan salah satu dari Milan dan Napoli gagal menang. Hasil imbang hanya membuat Juve finis di empat besar jika Napoli dan Milan kalah, sebab secara head-to-head tripartit Juve tertinggal dari Milan tapi unggul atas Napoli. Secara head-to-head bipartit dengan Milan, Juve kalah selisih gol pertemuan kedua tim. Sedangkan dengan Napoli walaupun head-to-head impas, tapi selisih gol keseluruhan ada jarak sembilan gol.

Siapa yang bisa ke Liga Europa?

Lazio sejauh ini jadi satu-satunya tim yang sudah mengunci tiket Liga Europa dan pendampingnya adalah tim yang kalah dalam persaingan empat besar berakhir finis di urutan kelima, entah itu Milan, Napoli ataupun Juve.

Berapa jatah Liga Conference bagi Italia?

Seperti negara-negara dengan koefisiensi lima besar UEFA lainnya, Italia hanya memperoleh satu jatah Liga Conference, kompetisi kasta ketiga Eropa yang mulai bergulir musim depan, untuk fase playoff kualifikasi.

Berbeda dengan Inggris yang punya dua kompetisi piala domestik, Italia hanya menggelar Coppa Italia yang pemenangnya meraih tiket Liga Europa, sehingga jatah Liga Conference akan ditentukan berdasar peringkat klasemen.

Siapa yang bisa ke Liga Conference?

Satu tiket Liga Conference diperebutkan oleh AS Roma dan Sassuolo yang kedudukan keduanya hanya dipisahkan dua poin saja. Secara head-to-head kedua tim juga berkedudukan impas baik secara poin maupun gol, sehingga jika punya poin sama pengurutan ditentukan berdasar selisih gol keseluruhan.

Roma akan meraih tiket Liga Conference jika menang di kandang Spezia tanpa peduli hasil pertandingan Sassuolo. Roma juga tetap ke Liga Conference jika imbang dan Sassuolo gagal mengejar selisih gol keseluruhan yang berjarak empat gol. Jika kalah Roma tetap ke Liga Conference asalkan Sassuolo gagal menang.

Sassuolo akan ke Liga Conference jika menang melawan Lazio dan di laga lain Roma kalah. Jika Roma main imbang, Sassuolo harus menang dengan marjin lima gol atau lebih. (Ant/Rod)