Home News PMI Gandeng Bluebird, Penyintas COVID yang Ingin Donorkan Plasma Konvalesen Akan Diantar...

PMI Gandeng Bluebird, Penyintas COVID yang Ingin Donorkan Plasma Konvalesen Akan Diantar Jemput Gratis

30
0
Ketua Umum PMI Pusat Jusuf Kalla (kiri) ketika melepas armada antar jemput penyintas COVID-19 untuk mendonorkan plasma konvalesen di Jakarta, Senin (12/7/2021). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

BICARA.NEWS, Jakarta – Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat menggandeng perusahaan transportasi Bluebird untuk memberikan layanan antar jemput gratis kepada para penyintas COVID-19 untuk mendonorkan plasma konvalesen.

“Salah satu kendala adalah kurangnya penyintas. Kami berterima kasih karena ini kami akan jemput ‘bola’,” kata Ketua Umum PMI Pusat Jusuf Kalla di Jakarta, Senin (12/7).

Wakil Presiden RI 2004-2009 dan 2014-2019 itu mengatakan pendonor nantinya dapat menghubungi perusahaan transportasi itu dan akan diantar ke PMI dan setelah selesai donor, akan diantar kembali ke rumah.

Layanan itu diharapkan memberikan kemudahan bagi para penyintas untuk mendonorkan plasma konvalesen karena dibutuhkan untuk terapi pasien COVID-19.

“Kami akan berikan daftar-daftar dari Depkes kemudian siapa yang menjemput atau pun sukarela, siapa pun boleh menelepon Bluebird dan akan antar ke PMI, kemudian juga pulang nanti. Nanti mekanisme diatur,” ujarnya.

Dengan kemudahan itu pula, lanjut dia, akan semakin mempercepat pemenuhan plasma konvalesen yang belakangan permintaannya meningkat.

Sementara itu, Komisaris Utama Blubird Group Holding Bayu Priawan Djokosoetono bantuan itu diharapkan membantu pemerintah dalam menekan angka positif COVID-19 yang belakangan meningkat.

Ia mengharapkan layanan sosial itu berdampak kepada warga yang ingin mendonorkan plasma konvalesennya khususnya diawali dari Jakarta karena pihaknya paling banyak beroperasi di Ibu Kota.

Layanan antar jemput itu, imbuh dia, merupakan kegiatan berkelanjutan setelah sebelumnya juga ada layanan mengantar warga positif COVID-19 dengan dilengkapi protokol kesehatan sesuai penanganan COVID.

“Kami siapkan sesuai kebutuhan, nanti akan kami lihat permintaannya kapan, waktu dan dimana, kami akan coba siapkan kendaraannya,” ucapnya. (Ant/Fit)