Home Health Siap Isoman di Rumah, Ini Daftar 11 Telemedisin Gratis dan Fasilitasnya

Siap Isoman di Rumah, Ini Daftar 11 Telemedisin Gratis dan Fasilitasnya

49
0
Ilustrasi telemedicine (ANTARA/Shutterstock)

BICARA.NEWS, Jakarta – Pemerintah telah menggandeng 11 jasa telemedisin swasta untuk memberikan pelayanan gratis terhadap pasien COVID-19 dengan gejala ringan yang menjalani isolasi mandiri (isoman).

11 layanan konsultasi kesehatan digital yang bekerja sama dengan pemerintah adalah Alodokter, Getwell, Good Doctor, Halodoc, Klik Dokter, KlikGo, Link Sehat, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ dan YesDok.

Aplikasi telekomunikasi tersebut dapat diakses secara gratis oleh masyarakat yang membutuhkan konsultasi dokter untuk memperoleh panduan yang benar mengenai konsumsi obat atau vitamin saat melakukan isoman di rumah.

Selain itu, 11 layanan telemedisin ini juga menyediakan obat yang sesuai dengan arahan Kementerian Kesehatan. Pasien COVID-19 dengan gejala ringan pun tidak perlu mengantre ke rumah sakit dan bisa mendapatkan akses dan layanan medis yang tepat waktu.

Berikut ini adalah daftar 11 telemedisin dan jenis layanan yang diberikan, dihimpun dari berbagai sumber.

Alodokter

Aplikasi ini dapat diakses melalui Android dan juga iOS. Alodokter sendiri sudah melayani konsultasi pasien COVID-19 sejak tahun 2020.

Alodokter tidak hanya menyediakan jasa konsultasi gratis, tetapi juga obatnya. Platform ini akan memberikan paket obat sesuai dengan kategori pasien seperti tanpa gejala, ringan atau sedang. Obat-obat tersebut dapat ditebus di semua apotek Kimia Farma.

Jika gejala yang dialami pasien tidak masuk dalam paket obat yang diberikan pemerintah, maka pasien dapat menebus obat di apotek terdekat.

Alodokter menyediakan 30 dokter yang khusus melayani pasien COVID-19 secara virtual selama 24 jam.

KlikDokter

Aplikasi ini menyediakan layanan konsultasi dengan dokter. Nantinya, dokter akan mendiagnosa pasien berdasarkan hasil konsultasi untuk selanjutnya dilakukan penanganan berdasarkan kondisi tiap pasien.

Dokter akan memberikan resep yang kemudian akan disiapkan oleh fasilitas pelayanan kefarmasian yang telah ditunjuk Kementerian Kesehatan.

“Pasien yang menjalani isolasi mandiri cukup berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi KlikDokter, sehingga dapat mengurangi beban pasien yang menumpuk di rumah sakit,” ujar Bonny Mateus Anom, Direktur PT Medika Komunika Teknologi (KlikDokter).

KlikDokter juga menyediakan paket isolasi mandiri dengan tambahan berbagai vitamin produksi Kalbe. Jenis vitamin yang disediakan disesuaikan dengan pedoman yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan seperti vitamin C, D, E dan multivitamin B.


Good Doctor

Aplikasi Good Doctor dapat diunduh melalui Android dan iOS. Layanan kesehatan ini juga dapat ditemukan dalam fitur aplikasi GrabHealth.

Good Doctor menyediakan jasa konsultasi Klinik Lawan COVID-19 yang beroperasi 24 jam. Pasien COVID-19 dapat berkonsultasi perihal gejala serta obat-obatan yang bisa dikonsumsi sesuai dengan anjuran Kementerian Kesehatan.

Di luar paket konsultasi dan obat gratis, Good Doctor juga menyediakan pelayanan daftar vaksinasi dan tes COVID-19 di rumah sakit terdekat dan home service.

Halodoc

Aplikasi ini menyediakan fitur Peduli COVID yang terdiri dari konsultasi dokter gratis selama 24 jam dan pesan obat. Sama seperti layanan telemedisin lainnya, Halodoc juga dapat meresepkan obat yang dapat ditebus pada apotek rujukan Kementerian Kesehatan.

Halodoc juga miliki beberapa fitur lain yang memberikan informasi mengenai COVID-19, tes COVID-19, cek mandiri COVID-19, daftar vaksinasi hingga cek pascavaksin.

Klinikgo

Aplikasi yang hanya tersedia untuk pengguna Android ini, merupakan mitra resmi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Klinikgo memiliki fitur Telemedicine Isolasi Mandiri, di mana pasien dapat berkonsultasi gratis 24 jam dengan dokter yang bertugas.

Jika membuka fitur Isoman melalui laman klinikgo.com, pasien akan langsung diarahkan untuk mengunggah bukti positif COVID-19 untuk mendapatkan konsultasi gratis.

Klinikgo juga menyedikan layanan home care untuk melakukan tes COVID-19 di rumah, sehingga pasien tidak perlu datang ke rumah sakit untuk meminimalisir penularan. Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur untuk daftar vaksinasi Gotong Royong bagi perusahaan.
 
SehatQ

Aplikasi ini menyediakan konsultasi saat isoman atau kondisi kesehatan lainnya secara gratis. Pasien dapat berkonsultasi mengenai gejala, pengobatan atau terapi selama isoman serta resep obat dan vitamin.

Akan tetapi, untuk konsultasi tidak tersedia layanan 24 jam. Namun pasien dapat dengan mudah melihat jadwal dari para dokter yang menangani masalah COVID-19.

SehatQ juga memberikan informasi lain seputar masalah COVID-19 seperti gejala, vaksinasi, kelayakan vaksin hingga efek samping vaksin COVID-19. Aplikasi ini tersedia untuk pengguna Android dan iOs.

YesDok

YesDok merupakan aplikasi telemedisin yang melayani konsultasi melalui percakapan video, percakapan suara, teks dan juga konsultasi web.

Aplikasi ini bisa didapatkan melalui AppStore dan PlayStore. Jika ingin berkonsultasi dengan dokter saat isoman, pasien bisa memasukkan kode undangan ISOMANYESDOK saat pendaftaran atau registrasi untuk mendapatkan akses gratis.

Gratis konsultasi hanya berlaku satu kali untuk satu akun. Untuk pengguna lama, pasien juga bisa memasukkan kode undangan yang sama untuk mendapatkan akses konsultasi gratis.

Untuk pasien COVID-19 sudah ada paket khusus yang disediakan dalam aplikasi tersebut. Pasien hanya perlu menekan pilihan konsultasi dan akan dihubungi langsung oleh dokter yang bertugas dan dapat berkonsultasi selama 10 menit.

YesDok hanya memberi dan mengirim obat gratis untuk pasien positif COVID-19 yang terdaftar pada sistem Kementerian Kesehatan dan mendapat pesan melalui aplikasi WhatsApp dari Kementerian Kesehatan.

Jika obat yang diresepkan di luar dari paket yang tersedia, maka biaya ditanggung sendiri oleh pasien.

ProSehat

Aplikasi ini merupakan marketplace kesehatan. Yang membedakan dengan layanan telemedisin lainnya adalah pasien tidak perlu mengunduh aplikasi ProSehat untuk bisa berkonsultasi dengan dokter 24 jam.

Pasien COVID-19 yang menjalani isoman bisa langsung berkonsultasi dengan dokter melalui nomor WhatsApp 0811-18-16-800. Pasien bisa berkonsultasi seputar gejala dan penanganan COVID-19 serta resep obat yang sesuai dengan kondisinya.

Pada aplikasi ProSehat yang tersedia di PlayStore, pasien bisa memanfaatkan fasilitas lain seperti layanan tes COVID-19 baik di rumah sakit rujukan atau datang ke rumah hingga pendaftaran vaksinasi.

LinkSehat

Aplikasi telemedisin ini bisa diunduh melalui PlayStore atau laman resmi LinkSehat. Bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan BNPB, LinkSehat menyediakan jasa konsultasi gratis dengan dokter dan paket obat sesuai dengan anjuran pemerintah.

Selain untuk pasien COVID-19, LinkSehat juga menyediakan konsultasi untuk masalah kesehatan lainnya, membuat janji dengan dokter yang bermitra serta melayani tes COVID-19.

MILVIK

MILKVIK merupakan bagian dari BIMA, salah satu penyedia layanan kesehatan dan asuransi seluler yang terkemuka di negara berkembang.

Aplikasi telemedisin ini menawarkan jasa konsultasi gratis dengan dokter 24 jam. Pasien COVID-19 bisa berbicara dengan dokter melalui sambungan telepon dan mendapatkan resep obat serta tempat untuk menebusnya.

Selain jasa konsultasi, pasien juga bisa mendapat informasi seputar masalah kesehatan lain, laboratorium, rumah sakit terdekat hingga asuransi gratis untuk pelanggan premium. Akan tetapi, MILVIK hanya bisa diakses oleh pengguna Android.

Getwell

Aplikasi yang bisa diakses oleh pengguna Android ini menyediakan layanan perawatan kesehatan dan konsultasi dengan dokter 24 jam. Pasien COVID-19 yang menjalani isoman bisa berkonsultasi seputar, diagnosa gejala, panduan perawatan dari rumah serta obat-obatan apa saja yang bisa dikonsumsi.

Selain itu, Gewell juga menawarkan jasa swab, panduan diet, fitnes serta menyediakan rekam medis pasien .

Program 11 telemedisin gratis ini mulai berlaku pada 6 Juli di wilayah DKI Jakarta sebagai percobaan. Seluruh pasien COVID-19 isoman akan mendapatkan konsultasi medis dan paket obat gratis dari pemerintah.

Program ini dibuat untuk mengurangi tekanan pasien ke rumah sakit sehingga rumah sakit hanya akan digunakan untuk pasien positif COVID-19 bergejala berat, memiliki penyakit bawaan, atau pasien dengan saturasi oksigen di bawah 94-95 persen. (Ant/Fit)