Home Sport Timnas Basket Putri Indonesia Tundukkan Uruguay di Kualifikasi Olimpiade Tokyo

Timnas Basket Putri Indonesia Tundukkan Uruguay di Kualifikasi Olimpiade Tokyo

24
0

BICARA.NEWS, Jakarta – Tim nasional bola basket 3×3 putri Indonesia sukses menundukkan Uruguay 22-15 guna memetik kemenangan perdana di Pool A Turnamen Kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 di Graz, Austria, Sabtu (29/05).

Kemenangan itu praktis membuat Indonesia meninggalkan posisi juru kunci Pool A mengingat anak-anak asuh July Wong kini punya catatan satu kemenangan dari tiga gim yang sudah dijalani atau prosentase kemenangan 33 persen.

Dyah Lestari dan Nathania Orville sama-sama mengumpulkan tujuh poin dalam kemenangan Indonesia diikuti enam poin dari Dewa Made Ayu Sriartha.

Sedangkan Lea Kahol kendati hanya mencetak dua poin, pebasket asal Merauke itu terlihat jelas berkontribusi lewat kerja kerasnya mengawal ketat para pemain Uruguay sepanjang laga.

Menghadapi Uruguay, Indonesia memang punya sedikit keunggulan dengan keberadaan Ayu yang rankingnya paling tinggi dalam FIBA 3×3.

Terlebih dibandingkan ketika menghadapi Amerika Serikat dan Jerman kemarin, Indonesia juga kini menghadapi situasi tinggi badan yang relatif berimbang.

Dua lemparan bebas dari CO —sapaan akrab Nathania— dan Ayu membawa Indonesia memimpin di awal laga, tetapi dua tembakan luar busur Aldana Gayoso untuk Uruguay membawa mereka berbalik unggul 5-2 pada sisa waktu delapan menit 15 detik.

Pertandingan sempat berlangsung agak seret hingga Victoria Pereyra melesakkan tembakan dua angka untuk membawa Uruguay menjauh 7-3 pada sisa waktu enam menit 27 detik.

Namun, Indonesia menjawab lewat two-point play besutan Ayu yang membuat skor jadi 5-7.

Two-point play itu agaknya menyuntik kepercayaan diri Srikandi Merah Putih hingga Ayu melesakkan tembakan luar busur untuk berbalik unggul 8-7 sebelum diikuti lemparan serupa dari Dyah tak sampai 20 detik kemudian demi membuat skor jadi 10-7 atas Uruguay pada sisa waktu empat menit 27 detik.

Pertandingan sempat terhambat selama beberapa menit ketika wasit berkonsultasi dengan meja pencatat skor, tetapi hal itu tak memengaruhi momentum CO dkk.

Rentetan poin 5-1 dalam kurun waktu dua setengah menit kemudian membawa Indonesia semakin mantap memimpin 15-9 pada sisa waktu semenit 32 detik.

Upaya Uruguay untuk bangkit relatif bisa diredam Kahol dkk dan Indonesia kian menjauh 20-13 saat CO melesakkan tembakan luar busur pada sisa waktu 38 detik.

Uruguay sempat membalas lagi lewat Pereyra dan Florencia Somma, tetapi kemudian Dyah mengunci kemenangan Indonesia 22-15 lewat tembakan dua angka dari sisi kiri ring, saat pertandingan tinggal menyisakan 2,58 detik.

Indonesia masih menyisakan satu pertandingan lagi di Pool A, yakni menghadapi Prancis pada sesi dua hari ini atau sekira pukul 18.30 WIB.