Home Health Tips Memilih Gorengan Rendah Resiko (2/2)

Tips Memilih Gorengan Rendah Resiko (2/2)

29
0

Walau begitu, bukan berarti Anda harus memusuhi minyak karena zat ini merupakan kendaraan untuk menempelnya mikronutrien terutama vitamin A, D, E dan K. Asupan harian lemak salah satunya berasal dari minyak setidaknya 5 sendok makan.

Kemudian, apabila Anda ingin makan gorengan, buat sendiri di rumah, karena bisa sembari mengontrol jenis minyak yang Anda gunakan.

Minyak zaitun, kedelai, dan minyak kanola pilihan bagus karena mengandung tinggi asam lemak Omega-3 yang menyehatkan jantung, menurut profesor bidang ilmu dan teknologi makanan di Ohio State University Food Innovation Center, Ken Lee.

Selain itu, jangan pernah menggunakan kembali minyak saat Anda menggoreng. Mulailah menggoreng dengan minyak baru dan setelah selesai menggoreng, gunakan handuk kertas untuk merendam minyak berlebih dari makanan.

Untuk mengurangi kadar akrilamida (yang menyebabkan kanker), jangan biarkan gorengan Anda menjadi terlalu cokelat. Trik lainnya, menyimpan kentang pada suhu ruangan, bukan di lemari es.

“Saat kentang disimpan di lemari es, menghasilkan lebih banyak gula, dan gula menghasilkan lebih banyak akrilamida,” kata Lee seperti dikutip dari laman WebMD.

Akrilamida sendiri telah terbukti dalam penelitian hewan menyebabkan kanker. Ketika makanan dimasak dengan panas yang sangat tinggi, asam amino yakni asparagine dalam makanan bereaksi dengan gula untuk menghasilkan akrilamida. Bahan kimia ini bisa terbentuk di banyak hidangan yang digoreng tetapi umumnya terkandung pada kentang yang tinggi gula seperti fruktosa dan glukosa.

Seberapa banyak Anda menggoreng makanan juga penting. “Semakin gelap makanannya, semakin banyak akrilamida yang ada. Keripik kentang cenderung berwarna kehitaman, kentang goreng, atau ayam goreng yang lebih gelap akan memiliki lebih banyak akrilamida,” tambah Lee.

Menurut Lee, apabila Anda sehat, makan gorengan yang mengandung akrilamida dalam jumlah sedang mungkin tidak berbahaya. Namun, apabila Anda memiliki riwayat keluarga kanker, maka Anda perlu menyadari berapa banyak gorengan yang Anda konsumsi.

Selain itu, ada sejumlah trik pengolahan makanan akan membuat Anda menikmati rasa dan tekstur makanan yang digoreng. Ubi jalar dengan minyak zaitun dan panggang di oven bisa menjadi salah satu contohnya.

Anda tidak harus berhenti makan gorengan, tetapi sebaiknya batasi agar tidak berlebihan. Makan kentang goreng sesekali bisa menjadi suguhan dari makanan harian Anda, tetapi tambahkan salad sayuran daripada burger, untuk meningkatkan nutrisi dalam makanan Anda. (Ant/Rod)