Home News Viral Foto Salat Berjamaah Awak Kapal Selam KRI Nanggala-402

Viral Foto Salat Berjamaah Awak Kapal Selam KRI Nanggala-402

48
0

Baru-baru ini, viral di media sosial foto beberapa prajurit TNI AL yang diduga awak kapal selam KRI Nanggala-402  sedang  beribadah salat di punggung kapal. Tampak salah satu prajurit TNI tersebut menjadi imam sholat berdiri di barisan paling depan.

Meski melakukan ibadah salat di atas punggung kapal selam, para prajurit tersebut tetap menggunakan peralatan ibadah seperti sajadah sebagai alas salat. Bahkan di antaranya ada yang menggunakan sarung sekaligus peci. Para prajurit ini pun tampak khusyuk menjalankan ibadah salat secara berjamaah di tengah laut.

Tidak terdapat keterangan waktu dan lokasi tepatnya foto tersebut diabadikan. Foto viral ini salah satunya diunggah oleh akun Twitter Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika , Abdul Kadir Jailani, dan telah dibagikan dan disukai ribuan kali oleh pengguna twitter. “Awak KRI Nanggala-402 sedang melaksanakan sholat berjamaah sebelum laksanakan tugasnya,” tulis mantan Dubes Indonesia untuk Kanada ini, sabtu (24/4) di akun twitternya @akjailani.

Kapal selam KRI Nanggala-402 dilaporkan hilang kontak di perairan Bali utara pada Rabu (21/4) saat mengikuti latihan gabungan penembakan torpedo dan rudal TNI Al. Tiga hari kemudian, tepatnya pada Sabtu (24/4), kapal selam andalan Indonesia ini dinyatakan tenggelam.

Sehari setelahnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan dalam jumpa pers di Base Ops Lanud Ngurah Rai, Bali, semua awak kapal selam KRI Nanggala-402 telah gugur dalam tugas. “Dengan kesedihan yang mendalam selaku Panglima TNI, saya nyatakan bahwa 53 personel yang ada di KRI Nanggala-402 telah gugur. Prajurit-prajurit terbaik Hiu Kencana telah gugur saat melaksanakan tugas di perairan Utara Bali,” kata Hadi, Minggu (25/4). (Ant/Fit)