Home News Dispar Batam Dorong Masyarakat Bentuk Kelompok Sadar Wisata

Dispar Batam Dorong Masyarakat Bentuk Kelompok Sadar Wisata

57
0
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata. (ANTARA/ Naim)

BICARA.NEWS, Batam – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Kepulauan Riau mendorong masyarakat setempat untuk membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) guna mendukung pariwisata dan pertumbuhan ekonomi.

“Kami mendorong agar masyarakat membentuk Pokdarwis, memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam menerapkan sapta pesona,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata di Batam, Kamis.

Ia mengharapkan Pokdarwis dapat membantu penerapan sapta pesona untuk menarik wisatawan untuk melancong yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan.

Saat ini, lanjut dia, banyak masyarakat yang belum memahami potensi wisata di daerah tempat tinggalnya. Maka Pokdarwis dibutuhkan untuk menggerakkan warga dalam memanfaatkan kekayaan dan keunikan yang dimiliki demi menarik wisatawan.

“Jadi kita membangun pariwisata berbasis pada komunitas atau community base tourism,” kata dia.

Pokdarwis dipercaya mampu meningkatkan ekonomi masyarakat setempat melalui pengembangan potensi pariwisata, kreatifitas cenderamata dan panganan khas untuk disajikan kepada pelancong.

Menurut dia, sudah terdapat banyak Pokdarwis di Batam yang didirikan masyarakat di pesisir, termasuk kampung tua. Meski begitu, masih terdapat beberapa daerah potensial yang belum memiliki komunitas tersebut.

Ia menganjurkan, agar warga berkoordinasi dengan RT, RW dan lurah untuk pendirian Pokdarwis tersebut agar masyarakat bisa bersinergi dalam pengembangan pariwisata.

“Karena kelompok itu akan menjadi pionir di wilayah masing-masing,” kata Ardiwinata.

Ia juga memastikan pihaknya bersedia mengasistensi pembentukan Pokdarwis, termasuk apabila terdapat kendala dalam mendapatkan rekomendasi dari lurah.(Ant/Hah)

Travel Haji dan Umroh sejak 1995
Previous article871.650 Dosis Vaksin Pfizer dari AS Tiba di Indonesia
Next articleApa Itu Koktail Antibodi COVID-19? Kenapa WHO Merekomendasikannya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here