Home News DMI Gandeng Bukalapak Luncurkan Aplikasi Serambi Masjid

DMI Gandeng Bukalapak Luncurkan Aplikasi Serambi Masjid

30
0

Jakarta (28/04) – Dewan Masjid Indonesia bersama platform dagang online Bukalapak meluncurkan aplikasi “Serambi Masjid” untuk membantu pemeluk agama Islam berdonasi ke masjid.

“Ramadhan kedua di era pandemi COVID-19 ini banyak menimbulkan dampak terutama bagi masyarakat untuk dapat beribadah langsung ke masjid. Dewan Masjid Indonesia berharap inisiatif yang dilakukan bersama Bukalapak melalui inovasi teknologi seperti program Serambi Masjid ini dapat menginspirasi dan menghadirkan bantuan kepada masjid dan masyarakat luas,” kata Ketua Dewan Masjid Indonesia, Jusuf Kalla, dalam keterangan pers bersama, Rabu.

Aplikasi “Serambi Masjid” dibuat agar umat Muslim bisa berdonasi ke masjid meski pun Ramadan kali ini masih berlangsung di tengah aktivitas fisik yang terbatas akibat pandemi virus corona.

Melalui aplikasi ini, masjid diharapkan bisa “go digital” dengan memaksimalkan penggunaan teknologi.

CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin menyatakan berdonasi ke masjid bisa menjadi lebih mudah dan nyaman dan masyarakat bisa tetap menyalurkan bantuan mereka ke masjid secara digital.

“Program ini bertujuan agar dapat membantu lebih banyak lagi masyarakat dalam beribadah dan memberikan dampak kepada pertumbuhan ekonomi Indonesia di era pandemi COVID-19. Kami berharap apa yang disediakan oleh Bukalapak dengan produk dan layanannya dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dan memudahkan masyarakat untuk terus berbuat kebaikan dengan sesama,” ujar Rachmat.

Perusahaan rintisan bertitel unicorn tersebut dan Dewan Masjid Indonesia, bersama Dewan Kemakmuran Masjid di Jakarta dan Bandung, memasang poster berisi kode QR unik di sejumlah masjid, sebagai penanda rumah ibadah tersebut mendukung program donasi melalui Serambi Masjid.

Masyarakat yang ingin berdonasi cukup memindai kode QR dengan ponsel mereka dan akan dialihkan ke aplikasi Serambi Masjid.

Donasi digital yang tersedia di aplikasi Serambi Masjid antara lain infak dan sedekah. (Ant/Rod)