Home Sport Esports Star Indonesia Season 2 Bakal Dimulai Agustus

Esports Star Indonesia Season 2 Bakal Dimulai Agustus

49
0
Esports Star Indonesia Season 2

BICARA.NEWS, Jakarta – Setelah sukses pada tahun lalu, program pencarian bakat dan talenta dalam bidang esport, Esports Star Indonesia, kembali hadir dengan Season 2 dan audisinya akan dimulai Agustus 2021.

Esports Star Indonesia Season 2 merupakan hasil kerjasama kembali PT Esports Star Indonesia selaku perusahaan anak dari PT MNC Studios International dengan PT Monster Entertainment Indonesia selaku induk dari game Mobile Legends.

“Besar harapan kami untuk berkolaborasi. Kami berharap acara ini di tahun ini dapat membuahkan hasil yang luar biasa dan kembali menjadi sorotan di dunia gaming dan esports,” ujar CEO PT Esports Star Indonesia Valencia Tanoesoedibjo dalam acara penandatanganan kesepakatan penyelenggaraan program Esports Star Indonesia secara virtual, Senin.

Ia melihat dunia gaming dan esports telah menjadi bagian penting dari kehidupan masa kini. Menurut dia, pertumbuhan yang sangat pesat terlihat secara nyata dengan total gamers di seluruh dunia mencapai 3 miliar pada 2021.

“Indonesia dengan estimasi pertumbuhan 25 sampai 35 persen year on year menjadi potensi terbesar di gaming industry bagian Asia Tenggara. MNC Group melihat fakta ini sebagai peluang untuk kami maju dan berkontribusi dalam industri gaming dan esport,” kata Valencia.

Pada 2019, PT Esports Star Indonesia memulai jejak di dunia gaming dan esports dengan memproduksi event management dan menyiarkan beberapa acara terkait gaming dan esports secara free to air melalui MNC Group, GTV, dan super app RCTI+.

“Kami melihat antusiasme masyarakat terhadap tayangan-tayangan tersebut begitu besar dan berpotensi. Maka dari itu, per Agustus 2020, kami melahirkan suatu program, sebuah ajang pencarian bakat gaming dan esports pertama di Asia Tenggara, yaitu Esports Star Indonesia,” tutur Valencia.

Meski lahir di tengah-tengah pandemi, namun menurut dia, Esports Star Indonesia mampu menarik perhatian seluruh masyarakat Indonesia dari berbagai macam latar belakang dan lokasi, dengan lebih dari 27.000 orang yang mendaftarkan diri pada 2020.

“Kami yakin Esports Star Indonesia akan terus maju dan menjadi wadah bagi talenta-talenta muda Indonesia untuk memulai karier mereka di bidang esport dan gaming,” terang Valencia.

Hal senada juga disampaikan Head of Southeast Asia Publishing Moonton Lilian Gao. Dia mengatakan kerja sama tersebut merupakan bagian dari rencana jangka panjang Moonton untuk menciptakan ekosistem yang berkelanjutan dan kuat bagi semua orang.

“Program ini tidak hanya memberikan hiburan yang berkualitas bagi masyarakat Indonesia, tapi juga memberikan wadah bagi para gamer melalui gim dan lingkungan esport,” Gao menjelaskan.

Dengan antusiasme Esports Star Indonesia Season 1, Gao optimistis Esports Star Indonesia Season 2 akan menjadi program yang sukses.

“Ini juga membuktikan bahwa semua orang dari berbagai latar belakang dapat menjadi bagian dari komunits esport,” imbuh dia.

Bangun ekosistem esports

YouTuber Edho Zell yang telah meresmikan tim esport bentukannya dan mendirikan sekolah esports pada bulan Maret itu melihat perkembangan esport di Indonesia, khususnya Mobile Legends, telah sangat maju.

“Apalagi kalau kita lihat Mobile Legends ini sudah punya wadah profesional tersendiri, ada MPL, kemudian juga ada banyak sekali teman-teman anak-anak esport yang sudah ikutan terjun di skena esport dan juga skena dari Mobile Legends,” papar Edho Zell pada kesempatan yang sama.

Menurut Founder SAGA Esports dan Esports Academy ID itu, adanya Esports Star Indonesia Season 2 akan membuat komunitas esport di Indonesia semakin kuat.

Senada dengan Edho Zell, aktris dan model Olla Ramlan yang saat ini juga memiliki tim esport melihat program tersebut juga dapat membangun komunitas esport.

“Pada dasarnya, saya memang mempunyai ketertarikan untuk membangun agar komunitas esport semakin besar, dan semakin besar lagi, karena pastinya akan banyak anak muda berbakat di Indonesia, apalagi di dunia esport,” pungkas pemilik Winnar Esports itu.

Olla Ramlan juga akan bergabung dalam program Esports Star Indonesia Season 2 sebagai manajer tim. Esports Star Indonesia Season 2 akan menghadirkan celebrity gamers yang akan menjadi manajer. Mereka akan beradu strategi membentuk tim ideal mereka dan akan dipandu oleh pelatih serta turut melibatkan pro player esports yang akan memperkuat formasi antartim yang bertanding.

Audisi Esports Star Indonesia Season 2 akan dibuka pada Agustus, dan kick-off akan dilakukan pada Oktober. Selanjutnya, pertandingan berlangsung hingga November, sementara grand final digelar pada Desember. (Ant/Rod)