Home Entertainment Hasilkan 500 Juta Dolar Lebih, “F9” Jadi Film Terbesar Hollywood Era Pandemi

Hasilkan 500 Juta Dolar Lebih, “F9” Jadi Film Terbesar Hollywood Era Pandemi

44
0
Poster Film F9

BICARA.NEWS, Jakarta – “F9” telah melampaui angka 500 juta dolar Amerika Serikat untuk penjualan tiket global, perolehan tersebut membuat film kesembilan dalam waralaba “Fast and Furious” sebagai film terbesar Hollywood di era pandemi.

Mengutip Variety pada Selasa (06/7), “F9” merupakan satu-satunya film Hollywood yang melewati angka 500 juta dolar sejak 2019. “Hi, Mom” (822 juta dolar) dan “Detective Chinatown 3” (686 juta dolar), keduanya diproduksi di China.

“Godzilla vs. Kong” yang dirilis Warner Bros. yang dirilis pada bulan April, hanya mendapat 446 juta dolar. Hasil ini cukup kuat mengingat film tersebut tayang secara bersamaan di HBO Max Amerika Serikat.

Sejak tayang di Amerika Utara pada 25 Juni, penjualan tiket domestik untuk “F9” telah mencapai 123 juta dolar, pencapaian box office terbaik kedua sejak awal COVID-19.

Film thriller Paramount Pictures “A Quiet Place Part II” yang dibuka seminggu sebelum “F9”, saat ini memegang gelar untuk film terlaris tahun ini di Amerika Serikat dengan pendapatan 145 juta dolar. Namun, “F9” memecahkan rekor (pandemi) dalam debut box office-nya, mengumpulkan 70 juta untuk penampilan perdananya di layar lebar.

Di box office internasional, “F9” telah mengumpulkan 374 juta dolar dari 50 pasar luar negeri. Film ini juga mendapat penjualan tiket yang sangat baik di China yakni 203 juta dolar. Wilayah penting lainnya termasuk Korea Selatan (19,3 juta dolar), Rusia (18 juta dolar) dan Meksiko (10,9 juta dolar).

Terlepas dari kekuatan box office-nya, “F9” diperkirakan akan kalah dari pendahulunya karena pembatasan era COVID-19. “Hobbs & Shaw” (2019) yang menghasilkan 173 juta dolar di Amerika Serikat dan 759 juta dolar secara global.

Film-film terbaru dalam seri inti seperti “The Fate of the Furious” (2017) dan “Furious 7” (2015) adalah hit komersial besar-besaran dengan pendapatan kotor masing-masing mencapai 1,2 miliar dolar di seluruh dunia dan 1,5 miliar secara global.

Disutradarai oleh veteran waralaba Justin Lin dan dibintangi oleh Vin Diesel, Michelle Rodriguez dan John Cena, “F9” menampilkan mantan pembalap jalanan Dominic Toretto yang hidup damai bersama keluarganya.

Ketenangan mereka dengan cepat berbalik ketika dia dipaksa mengumpulkan kembali krunya untuk menghentikan seorang pembunuh yang ingin menghancurkan dunia, yang tidak lain merupakan saudara Dom. Helen Mirren, Charlize Theron, Tyrese Gibson dan Ludacris melengkapi para pemain. (Ant/Fit)