Home Entertainment Hindari Hoaks Seputar Kesehatan, Titi Kamal Manfaatkan Telemedisin

Hindari Hoaks Seputar Kesehatan, Titi Kamal Manfaatkan Telemedisin

22
0
Titi Kamal: Instagram @titi_kamall

BICARA.NEWS, Jakarta – Informasi seputar kesehatan untuk anak berseliweran di mana-mana dan kadang membuat orangtua kebingungan memilah mana yang benar. Titi Kamal tidak mau terjebak dalam informasi yang tidak akurat mengenai kesehatan buah hatinya.

Aktris yang juga istri dari Christian Sugiono itu memilih untuk mencari informasi kesehatan langsung dari sumbernya lewat telekonsultasi dengan dokter di telemedisin ketimbang terjebak hoaks.

“Aku suka dapat informasi ‘kalau nanti anak tiba-tiba demam harus begini begini begini’, aku senang dengan adanya (telemedisin), jadi merasa aman bisa mendapatkan informasi yang benar jadi enggak asal percaya-percaya saja,” kata Titi, Selasa (13/7).

Kemudahan yang ditawarkan telemedisin membuat orangtua bisa berkonsultasi dengan dokter lebih mudah, terlebih di tengah pembatasan ruang gerak akibat pandemi, disambut baik oleh Titi yang juga seorang ibu. Ada kalanya kejadian tak disangka-sangka menimpa anak pada malam hari, seperti demam mendadak, dan kehadiran telemedisin disebutnya memudahkan orangtua untuk mendapat layanan lebih cepat.

“Kita jadi butuh layanan 24 jam,” ujar dia.

Dia juga termasuk khawatir bila harus membawa anaknya ke rumah sakit bila ada keluhan kesehatan mengingat ada risiko harus bepergian ke luar rumah. Itulah mengapa dia berusaha mencari informasi mengenai kesehatan secara daring lewat sumber yang terpercaya tanpa harus pergi langsung ke rumah sakit.

Sepanjang pandemi, Titi mengatakan dirinya selalu berusaha menjaga kesehatan keluarga agar tetap kuat di tengah intaian virus corona. Menyediakan makanan penuh gizi seperti sayur dan buah yang tak pernah lepas dari menu harian, menjaga protokol kesehatan seperti mencuci tangan dengan sabun serta tidur teratur adalah beberapa kegiatan yang jadi rutinitasnya. Dia juga mengajari anak untuk rajin mencuci tangan dan tidur tak terlalu malam agar bisa mendapatkan porsi istirahat cukup.

“Jam sembilan malam, atau maksimal jam 10 sudah tidur,” katanya.

Setiap pagi, Titi juga kerap mengajak anak untuk berjemur di bawah sinar matahari dan berolahraga bersama agar tubuh tetap bugar. Di luar kesehatan fisik, kesehatan batin juga tidak ditinggalkan.

“Jaga rohani bikin bahagia biar imun terjaga dengan baik,” tutup Titi. (Ant/Fit)