Home Jakarta Jakarta-Bali Kolaborasi Jadi Tuan Rumah Turnamen Sepak Bola IYC 2021

Jakarta-Bali Kolaborasi Jadi Tuan Rumah Turnamen Sepak Bola IYC 2021

30
0
Foto aerial pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.

BICARA.NEWS, Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Bali berkolaborasi menjadi tuan rumah turnamen sepak bola bergengsi yang menghadirkan tim asal Spanyol pada ajang International Youth Championship (IYC) 2021 pada Desember 2021 mendatang.

“Harapannya event ini nanti bukan sekedar sepak bola tapi sebuah kesempatan mengirimkan pesan kepada dunia bahwa Indonesia aman, terkendali kondisi pandeminya,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jakarta, Kamis.

Travel Haji dan Umroh sejak 1995

Anies mengungkapkan selama ini Bali dan Jakarta menjadi pintu gerbang utama Indonesia bagi masyarakat dunia.

Sehingga kehadiran para pemain U-18 dari tiga klub asal Spanyol, yakni Atletico Madrid, Barcelona, dan Real Madrid serta tim Indonesia Selection U-20 ke Pulau Dewata dan Jakarta diharapkan menjadi duta yang mengenalkan potensi kedua daerah dan Indonesia.

“Kita berharap teman-teman dunia internasional yang hadir, mereka akan menjadi duta untuk menyampaikan kepada dunia internasional bahwa situasi di Jakarta dan Bali itu baik, terkendali, dan welcome back to Bali dan Jakarta,” imbuh Anies.

Senada dengan Anies, Gubernur Bali I Wayan Koster menambahkan ajang IYC menjadi momentum kebangkitan pariwisata di Pulau Dewata setelah hampir dua tahun terpuruk akibat hantaman pandemi COVID-19.

Pasalnya, lanjut dia, klub bola yang bertanding tersebut merupakan klub sepak bola ternama di dunia, sekaligus sebagai ajang yang pertama diselenggarakan di Bali oleh klub wahid itu.

“Itu akan menjadi momentum bangkitnya pariwisata Bali setelah hampir dua tahun tidak bisa aktif karena pandemi COVID-19 yang melanda dunia, menghentikan aktivitas pariwisata secara total,” ucapnya.

Babak penyisihan IYC 2021 berlangsung mulai 4-8 Desember 2021 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, Bali dan dilanjutkan laga final di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara pada 11 Desember 2021.

Final di JIS juga sekaligus menjadi ajang peluncuran awal untuk pembukaan stadion pertama di Indonesia dengan teknologi atap buka tutup tersebut, meski pada 11 Desember 2021, pembangunan JIS diperkirakan mencapai 85 persen.

Meski begitu, fasilitas utama dan penunjang wajib di JIS sudah siap untuk dijajal oleh tiga klub asal Spanyol dan tim dari Indonesia. (Ant/Fit)

Previous articleLiga 1: PSIS Ditahan Imbang Persikabo 2-2
Next articleAnies Janji Kurangi Biaya Hidup Buruh