Home Sport Pimpin 3-2, Bucks Selangkah Lagi Juara NBA

Pimpin 3-2, Bucks Selangkah Lagi Juara NBA

31
0
Pemain Milwaukee Bucks Giannis Antetokounmpo kehilangan bola akibat blok dua pemain Phoenics Suns Chris Paul dan Deandre Ayton dalam paruh kedua gim kelima Final NBA di Footprint Center, Phoenix, Arizona, 17 Juli 2021. (Getty Images via AFP/RONALD MARTINEZ)

BICARA.NEWS, Jakarta – Milwaukee Bucks balik mengendalikan Final NBA setelah menang dalam gim kelima di kandang Phoenix Suns di Footprint Center, Phoenix, Arizona, Sabtu malam waktu setempat (Ahad pagi WIB) menang 123-119.

Setelah kehilangan dua gim pertama seri berformat best of seven ini, Bucks bangkit dengan mencatat kemenangan pada tiga gim berturut-turut sehingga kini memimpin 3-2.

Forward Bucks Giannis Antetokounmpo, yang adik dan sekaligus rekan satu timnya Thanasis terpaksa absen karena protokol kesehatan dan keselamatan NBA, mencetak poin terbanyak dalam timnya dengan 32 poin.

Sedangkan andalan Suns, Devin Booker, mencetak poin tertinggi dalam laga ini dengan 40 poin. Suns sempat memimpin sampai selisih 16 poin setelah kuarter pertama sebelum Bucks balik menggigit dan menghambat bangkitnya lagi Phoenix.

Milwaukee kini tinggal memenangkan satu gim lalu untuk memenuhi dahaga gelar NBA pertamanya dalam kurun 50 tahun, sedangkan Phoenix mesti memenangkan dua gim lagi untuk merebut gelar NBA pertamanya dalam 53 tahun sejarah keberadaan tim ini.

Bucks menjadi tuan rumah gim keenam yang akan digelar Selasa malam waktu setempat, sedangkan gim ketujuh jika terpaksa dimainkan, akan digelar di Phoenix dua hari setelah itu pada Kamis malam.

Giannis Antetokounmpo juga mencetak sembilan rebound, sedangkan Khris Middleton menyumbangkan 29 poin untuk Bucks yang memiliki efektivitas lemparan 57,5 persen.

Jrue Holiday mengumpulkan 27 poin dan 13 assist untuk bangkit setelah pada gim keempat hanya bisa memasukkan empat dari total 20 lemparan. Dia juga membuat steal krusial dari Devin Booker pada momen sangat menentukan dalam kuarter keempat yang mencegah Phoenix bangkit pada saat-saat terakhir.

Bucks mengatasi defisit 16 poin pada awal lagi dengan melesat sampai 43 poin pada paruh kedua.

Milwaukee menjadi tim kedua dalam sejarah Final NBA yang memimpin pada paruh kedua setelah tertinggal sampai 15 poin pada kuarter pertama. Sebelum ini Boston Celtics melakukannya pada Final NBA 1957 melawan St. Louis Hawks.

Booker yang membuat 40 poin tak bisa mengantarkan timnya menang tapi untuk keempat kalinya dia mencetak minimal 40 poin dalam playoff.

Chris Paul finis dengan 21 poin dan 11 assist, sedangkan Deandre Ayton mempersembahkan 20 poin dan 10 rebound untuk Phoenix.

Suns memangkas defisit 10 poin pada awal kuarter keempat sampai tiga poin setelah Booker memasukkan sebuah lemparan tiga angka. Antetokounmpo kemudian gagal memasukkan kedua lemparan bebasnya dan lay-up Paul membuat Suns memangkas ketertinggalan menjadi 119-120 pada 56,6 detik terakhir.

Holiday mencuri bola dari Booker dan mengumpan Antetokounmpo untuk melepaskan alley-oop pada 13,5 detik tersisa. Antetokounmpo kembali gagal memasukkan lemparan bebas namun Milwaukee merebut kembali bola untuk memaksa Phoenix melanggar Middleton. Dia kemudian memasukkan dua lemparan bebas, demikian laporan Reuters. (Ant/Rod)