Home Sport Revisi Kalender MotoGP Pasca Pembatalan GP Australia

Revisi Kalender MotoGP Pasca Pembatalan GP Australia

33
0
MotoGP (Foto: Antara)

BICARA.NEWS, Jakarta – Penyelenggara MotoGP pada Selasa memutuskan untuk membatalkan Grand Prix Australia di Sirkuit Phillip Island untuk kedua kalinya secara beruntun karena pembatasan perjalanan terkait pandemi COVID-19 di Australia.

“Kami dengan menyesal mengumumkan bahwa Grand Prix Australia 2021 telah dibatalkan karena pembatasan dan tantangan logistik terkait dengan pandemi COVID-19,” demikian pernyataan resmi penyelenggara.

MotoGP harus sedikit merombak kalender di sisa musim yaitu dengan memajukan GP Malaysia satu pekan lebih awal ke slot 24 Oktober, untuk menggantikan Australia.

Sedangkan GP Thailand diundur satu pekan ke 17 Oktober untuk memungkinkan dua balapan beruntun selama tur Asia Tenggara.

Kemudian Portugal, akan kembali menjadi tuan rumah balapan untuk kedua kalinya musim ini, setelah menjadi seri ketiga pada 18 April, ketika MotoGP memasukkan kembali sirkuit Algarve ke slot 7 November, satu pekan sebelum seri pemungkas di Valencia.

“Kami telah berdiskusi dengan otoritas Australia dan pihak penyelenggara Australian Grand Prix Corporation dan sayangnya tidak memungkinkan, sesuai kesepakatan kami, untuk pergi ke Phillip Island tahun ini,” kata CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta seperti dilansir laman resmi MotoGP.

“Pada dasarnya mereka menawarkan kami untuk tetap berada di gelembung, tetapi menerapkan gelembung di Phillip Island sangat sulit karena seperti yang Anda sekalian tahu kami tidak tinggal di hotel tetapi di rumah-rumah,” ujarnya.

Otoritas setempat juga mewajibkan siapa saja yang memasuki Australia untuk menjalani karantina selama 14 hari, aturan tersebut kemungkinan besar bertahan hingga akhir tahun.

Oleh karena itu tidak memungkinkan bagi rombongan MotoGP untuk tinggal di Phillip Island, pulau yang terletak 125km di selatan Melbourne tersebut.

“Kami memiliki kemungkinan lain dan kami telah membahas dengan penyelenggara Sirkuit Portimao dan pada akhirnya kami membuat keputusan, karena ada perbedaan satu pekan antara Malaysia dan Valencia, untuk mengalokasikan satu balapan lagi di Portimao sirkuit satu pekan sebelum Valencia. Ini memungkinkan kami tetap memiliki 19 balapan seperti rencana awal,” ungkap Ezpeleta.

Berikut revisi kalender sisa musim MotoGP 2021

GP Styria – Red Bull Ring – 08 Agustus
GP Austria – Red Bull Ring – 15 Agustus
GP Britania Raya – Silverstone – 29 Agustus
GP Aragon – Motorland Aragon – 12 September
GP San Marino – Misano – 19 September
GP Amerika – Circuit of the Americas – 3 Oktober
GP Thailand – Sirkuit Internasional Chang – 17 Oktober
GP Malaysia – Sirkuit Internasional Sepang – 24 Oktober
GP Algarve – Sirkuit Internasional Algarve – 7 November
GP Valencia – Sirkuit Valencia – 14 November

tertunda
GP Argentina – Termas de Rio Hondo

(Ant/Rod)