Home Health Solusi Atasi GERD, Begini Gaya Hidup Anti Asam Lambung

Solusi Atasi GERD, Begini Gaya Hidup Anti Asam Lambung

103
0
Ilustrasi (Pexels)

BICARA.NEWS, Jakarta – Asam lambung dan GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) merupakan salah satu penyakit tidak menular yang kejadiannya meningkat di masa pandemi COVID-19.

Mengutip dari New York Times, GERD ditandai dengan perasaan terbakar atau panas di bagian perut dan kerongkongan, menyebabkan penderitanya tidak dapat beraktivitas dengan normal karena asam lambung yang bergejolak terutama pada saat bergerak.

Travel Haji dan Umroh sejak 1995

Selain memberikan rasa tidak nyaman di area perut dan kerongkongan, penderita juga bisa mengalami rasa ingin muntah, suara yang serak, gangguan di saluran pernafasan, batuk, hingga asma.

Efek dari asam lambung pun akan terasa sangat lama dan sulit ditangani dalam waktu singkat. Jika terjadi terlalu sering, maka penderita bahkan memiliki risiko tinggi mengidap kanker mematikan yang disebut esphageal adenocarcinoma.

Gaya hidup makan makanan yang instan, makan tanpa mengunyah yang ideal, hingga minum minuman yang mengandung kafein di kala perut masih kosong menjadi faktor-faktor ringan yang justru memperburuk kondisi lambung penderita GERD.

Bagi anda yang mau terhindar dari GERD atau sudah menderita penyakit asam lambung ini sudah lama dan tidak mau kembali merasakannya maka anda perlu melakukan perubahan pola makan dan gaya hidup.

Setidaknya ada lima gaya hidup yang perlu anda ubah sebagai cara menjaga lambung anda tetap sehat dan memproduksi asam yang sesuai dengan kebutuhan metabolisme tubuh.

5 Gaya Hidup Anti Asam Lambung, Baca Halaman Selanjutnya…

1
2
3
Previous articleKomisi Yudisial Serahkan 11 Nama Calon Hakim Agung ke DPR
Next articleKemenkeu Ungkap Pembangunan Infrastruktur dan Teknologi Dorong Ekspor RI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here